Selasa, 14 Januari 2014

SISTEM URIN(GINJAL)


Sistem urin tersusun atas ginjal, ureter, vesica urinaria, dan urethra.Berfungsi membantu terciptanya homeostasis dan pengeluaran sisa-sisa metabolisme. Ginjal selain berfungsi sebagai alat ekskresi juga berperan menghasilkan hormon seperti: renin-angiotensin, erythropoetin, dan mengubah
provitamin D menjadi bentuk aktif (vit.D).
Ginjal berbentuk seperti buah kacang buncis pada beberapa spesies hewan Mammalia. Paling luar diselubungi oleh jaringan ikat tipis yang disebut kapsula renalis. Bagian ginjal yang membentuk cekungan disebut hilum. Pada hilum terdapat bundel saraf, arteri renalis, vena renalis, dan ureter.Ginjal dapat dibedakan menjadi bagian korteks yakni lapisan sebelah luarwarnanya coklat agak terang dan medulla yaitu lapisan sebelah dalam warnanyaagak gelap. Pada korteks renalis banyak dijumpai corpusculum renalis Malphigi, capsula Bowmani yang terpulas gelap, sedangkan pada medulla banyak dijumpai loop of Henle.
Ginjal mendapatkan suplai darah dari aorta abdominalis yang bercabang menjadi arteri renalis, ® arteri interlobaris ® arteri arcuata ® arteri interlobularis ® arteriole aferen ® glomerulus ® arteriole eferen ® kapiler juxta glomerulare ® peritubuler ® vena interlobularis ® vena arcuata ® vena
interlobularis ® vena renalis.
Arteriole afferen
Pada arteriole aferen dekat dengan badan Malphigi terdapat sel-sel juxtaglomeruler yang merupakan modifikasi otot polos befungsi menghasilkan enzim renin. Enzim renin berfungsi mengaktifkan angiotensinogen menjadi angiotensin I, selanjutnya angiotensin I oleh converting enzim diubah menjadi angiotensin II. Angiotensin II berfungsi merangsang sekresi hormon aldosteron dari korteks adrenal. Aldosteron berperan meningkatkan reabsorpsi ion Na dan\klorida pada tubulus kontortus distal.
Nefron
Tiap ginjal tersusun atas unit struktural dan fungsional dalam pembentukan urin yang dinamakan nefron (nephron). Tiap nefron terdiri atas bagian yang melebar yang dinamakan korpuskula renalis atau badan malphigi, tubulus kontortus.proksimal, lengkung Henle serta tubulus kontortus distal.
Korpuskula renalis
Korpuskula renalis terdiri atas glomelurus dan dikelilingi oleh kapsula Bowmann.
Glomeruli
Glomerulus merupakan anyaman pembuluh darah kapiler yang ruwet yang
merupakan cabang dari arteriole aferen. Pada permukaan luar kapiler glomeruli
menempel sel berbentuk spesifik dan memiliki penjuluran-penjuluran yang disebut
podosit (sel kaki).download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar