Selasa, 14 Januari 2014

POLA GIZI SEIMBANG

Dukungan faktor gizi memungkinkan penyelenggaraan negara berlangsung secara efisien. Asupan gizi yang tepat membentuk daya tahan fisik sehingga warga dapat membentengi dirinya dari berbagai penyakit yang harus diobati dengan biaya mahal. Manusia Indonesia Prima pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas sehingga bangsa Indonesia mampu bersaing dengan Gerakan Nasional Sadar Gizi 2011 – 2014 1
bangsa-bangsa lain di dunia di semua bidang terutama ekonomi, pendidikan, iptek, budaya, olah raga, pertahanan dan keamanan.Pentingnya faktor gizi membuat upaya perbaikan gizi masyarakat perlu dilakukan secara terus menerus dengan berbagai pendekatan yang semakin inovatif. Faktor-faktor eksternal yang tidak bisa dikontrol seperti perubahan iklim, bencana alam, ataupun krisis ekonomi internasional, memberi tekanan lebih lanjut agar status gizi masyarakat perlu lebih baik.
Sejauh ini bangsa Indonesia telah meraih sejumlah kemajuan dalam perbaikan gizi masyarakat, namun masih ada sejumlah masalah gizi dan tantangan yang mesti dihadapi secara serius. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010 menunjukkan turunnya prevalensi anak balita (bawah lima tahun) yang berstatus kurang gizi dari 31% di tahun 1990 menjadi 17,9% di tahun 2010. Masalah lainnya adalah banyaknya balita pendek (35,6%) dan kurus (13,3%). Pada kelompok usia di atas 18 tahun, masalah gizi didominiasi oleh masalah kegemukan, di mana angka pada perempuan cenderung lebih tinggi dibanding laki-laki. Kegemukan juga ditemukan lebih tinggi pada mereka yang tinggal di perkotaan, berpendidikan lebih tinggi dan berstatus ekonomi lebih tinggi dibanding sebaliknya.Banyaknya tantangan yang dihadapi bangsa ini terkait dengan masalah gizi sangat erat hubungannya dengan faktor pengetahuan, sikap dan perilaku. Hasil penelitian Balitbangkes tahun 2009 memperlihatkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang gizi seimbang dan manfaatnya masih rendah.
Di sisi lain, di beberapa wilayah masih berkembang mitos atau pengetahuan yang salah dan menyesatkan seperti anak balita perlu menghindari makan telur atau daging agar terhindar dari kesakitan seperti bisul. Padahal protein hewani sangat penting untuk
membentuk kecerdasan anak. Di lain pihak orang tua cenderung mengabaikan makan sayur dan buah serta lebih menikmati hidup dengan makan makanan tinggi protein dan lemak. Perilaku ini akan meningkatkan risiko penyakit-penyakit degeneratif seperti jantung, stroke dan lain-lain.
Tantangan yang besar untuk memperbaiki gizi rakyat Indonesia menuntut penanganan yang lebih inovatif sekaligus terpadu, karena didominasi oleh faktor pengetahuan, sikap dan perilaku yang keliru dan sudah mengakar di masyarakat. Untuk itu diperlukan kerja keras sekaligus terobosan untuk menumbuhkan pengetahuan, sikap dan perilaku yang lebih merefleksikan kesadaran gizi yang baik, antara lain ditunjukkan oleh pola konsumsi makanan yang baik sejalan dengan penerapan aktifitas fisik yang cukup dan teratur.
download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar